Setiap orang punya jatah gagal. Habiskan jatah gagalmu ketika kamu masih muda - Dahlan Iskan

Bekal sang Mahasiswa (baru)

Mahasiswa, kalau kata ketua LEM (Lembaga Eksekutif Mahasiswa) kita itu spesial karena terdapat kata ''Maha" didepan siswa. Beliau berkata :
Jadi kita sebagai mahasiswa harus memiliki sikap yang aktif tidak pasif, ikuti organisasi. Karena softskill itu jauh lebih menunjang untuk kehidupan nanti.
So, apa hubungannya sama posting-an gue kali ini? Gue aja bingung, yang pada intinya gue mau ngasih beberapa tips buat mahasiswa baru, tips khusus biar dompet selalu tebel. Mahasiswa baru itu identik pingin beli ini itu buat ngisi kamarnya yang kosong (spesial buat kaum hawa) dan lagi 'adaptasi baru' yang harus dilakukan.

Adaptasi baru gimana?
1. Cari tahu apa yang disekitar lo
Buat yang dapet kamar kosongan, pasti pingin banget kan beli barang yang lucu-lucu dan imut buat ngisi kekosongan hati kamar. Mungkin ada sebagian orang yang rela buat ngerogoh kocek yang tebal untuk mampir ke toko meubel buat sekedar beli lemari, meja kecil, rak buku, kasur, dan kaca.

Nah coba lo cek disekitar lo, ada gak sih tukang-tukang yang jualan 'oplosan', biasanya yang buatan sendiri ini yang lebih murah harganya. Kualitas bahan memang jauh berbeda, toh yang penting kekuatannya kan? emang bakal naruh beban lebih dari 100 kg? Enggak kan... Jangan lupa, cari referensi harga. Tengok toko-toko lain, siapa tau ada yang murah #mukagratisan

2. Say no to Laundry
Aduh, kami kan anak baru. Masih banyak kerjaan, belum lagi ospek belum lagi jalan ini itu... Gak sempet buat nyuci baju...

Het, jangan tergoda sama harga yang terpampang disetiap toko laundry disekitarmu. Harga yang dijejalkan memang berfariatif dari 2250/kg dan 2500/kg. Coba deh kalau aja dalam seminggu kamu mencuci 2 kali, dan masing-masing berat 2kg paling maximal (celana jins berat lho, belum jaket, belum lagi yang make rok) berarti seminggu aja kamu udah ngabisin 10.000 berarti kalau sebulan 40.000 kalau setahun *ambil kalkulator* *kalkulator rusak, banting*

Dengan menghemat 40.000 aja udah bisa ngeyangin perut selama 3 hari paling cepet, kalo ya tiga kali makan dengan harga 5000/porsi #mukagratisan

3. Bangun pagi
 
Gak ada kata malas buat ngelakuin satu hal ini, emang sih berat. Secara gue anak kosan, bangunnya cuma jam 12 malem. Pamali, ada yang bilang 'bangun siang, rejeki dipatok ayam'. Kita misalin, lo bangunnya telat jadi ketinggalan tukang bubur keliling yang murah, terbengkalai buat beres-beres kamar, temen-temen lo yang biasa bangun pagi udah pada kenyang, lo yang masih berantakan luar dalem, bau, dan ileran.

Biasanya sih gue suka buat jadwal, 'what to do?' gue bikin satu-satu dari yang mana duluan sampe yang paling belakang. Seenggaknya itu membantu juga buat jadi anak yang disiplin, terkesan kolot memang, tapi keep positive thingking dan ambil hikmahnya.

4. Cari referensi tempat makan
Buat anak baru yang belum menguasai daerah setempat memang agak susah, tapi yang namanya lingkungan kuliah itu biasanya dijejalin makan-makanan yang murah meriah. Tapi harus tetep hati-hati, karena orang yang gak jujur itu masih banyak. Jangan sampe nyari yang murah dengan kualitas murah. Sukur-sukur lo mau bawa magic comb, lo masak nasi gak ada seliter terus tinggal beli lauk deh....

5. Don't let your desire
Perempuan nih yang biasanya gak tahan sama godaan 'sekitar'. Kita itu (perempuan biasanya) suka terkena sindrom 'baru'. Kuliah baru, baju baru, tas baru, sepatu baru, buku baru, pensil baru, pulpen baru, tempat pensil baru, hape baru, souvenir baru, rok baru, celana baru, sandal baru, dan pacar baru. Apapun yang 'baru-baru' disini, emang jadi musuh terberat. Pengen diilangin tapi mata gak bisa nolak. Tutup mata hati berontak. Nah lo?

Pelan-pelan nahanya sambil mikir 'itu penting enggak buat gue? buat saat ini?'

6. Stok cemilan
Lumayan kan buat isi perut kosong di akhir bulan? gak makan pagi atau gak makan siang itu tinggal pilihan, yang wajib makan malam. Perut sejahtera hati pun selalu damai.

4 komentar:

ulie mengatakan...

Salam kenal :-) kunjungan perdana saya :-)
silahkan mampir ke blog saya juga ya :-) & tinggalkan komentarnya

RyzkaPangestu mengatakan...

Makasih ya ulie udah mau BlogWalking kesini ;)

Unknown mengatakan...

wah ada yang baru jadi anak mahasiswa nie :)Simak Tantangan Kreatif Blogger Berhadiah Mingguan & Grandprize Android

novi rahantan mengatakan...

selamat yah buat mahasiswa baru..